My life is so much more interesting inside my head

Tuesday, December 11, 2018

Merampas dalam Permainan

malam semua....
saat menulis artikel ini faisal berada di sebuah pantai yang terlihat luas..
sebuah pantai yang anginnya malu malu untuk berhembus.
dan saat malam dimana dua melodi saling berebut kenangannya.

tak usah dipikirkan..

kalian pernah main game.? tentu pernah. apakah game tersebut berbayar.? ato gratis.?  pernah beli game yang berbayar.??

kamu tahu game dulu dengan sekarang.? tentu saja, grafisnya lebih mantap yang sekarang, namun bukan hanya hal tersebut yang berubah. lihatlah pada model pembayarannya.

dulu game beli di cd ato bayar pakai license,  namun sekarang beli ato installnya gratis tapi banyak item yang bisa dibeli. game seperti ini sangat populer di mobile device, khususnya android. sebut saja mobile legend, aov, pubg, coc, dan banyak lagi lainya.

namun kamu tau. apa lebihan game seperti itu.?. tidak lainnya bagi developer aplikasi akan cepat poluler karena installnya gratis tidak perlu license. pendapatan mereka pun juga lebih banyak karena player dapat terus membeli item yang dijual.

Namun menurut Faisal itu lah kecurangan mereka. kamu tau p2p dan f2p, p2p player to pay dan f2p adalah free to play. sebut saja p2p pemain yang beli item dan f2p tidak beli item. Dimana p2p biasanya lebih lebih kuat dalam permainnya karena item yang mereka miliki. dengan kata lain developer meminta kalian bayar agar bisa lebih kuat dalam geme yang mereka  buat.

seharusnya game itu tentang skill, bukan uang. karena skill pemainlah yang seharusnya mereka uji. mereka yang bermain paling baguslah yang paling kuat.

bukan hanya itu, bahkan menurut Faisal harga item nya pun kurang wajar. sangat mahal. bisa sampai 1,4 juta. bukankah itu sama saja dengan perampasan.

kali ini Faisal akan mengajak kalian berhitung sedikit. jika satu di download 100 juta kali dengan 100 ribu kali pembelian item tiap hari. mari kita coba hitung keuntungan perusahaan pembuatnya.

anggap saja rata membeli 300ribu per item. maka penghasilannya sekitar 30 M tiap harinya. jika potongan pajak, google dan publisher sekitar 40%. maka keuntungan nya 18 M perhari.

bagaimana besar bukan.?
Faisal memang tidak suka membeli item di game, karena sebuah game bukan tentang
pembelian item tapi tentang kesenangannya dan skill.