My life is so much more interesting inside my head

Monday, May 9, 2016

Hidup itu Aturan

Hidup itu Aturan


Apa itu hidup..?? Untuk apa hidup...? dan Mengapa harus hidup..?

         Hidup itu aturan..! ya itulah arti hidup dari pandangan peribadi saya. akan saya jelaskan mengapa saya mengartikannya bergitu.

         Semua yang ada didunia ini adalah sebuah aturan. lihat kenapa ketika kamu melempar sesuatu keatas akan jatuh kebawah. ya itulah aturannya.... kalau melempar keatas, pasti jatuh kebawah. Kenapa harus bernafas, jawabnya tentu karena agar tetap hidup. Kenapa ada hidup dan mati, karena ituran aturannya kalau hidup pasti akan mati. banyak lagi contoh lainnya.

         Aturan terbagi menjadi dua macam yaitu aturan yang dibuat oleh manusia dan aturan yang dibuat oleh tuhan. Contoh-contoh diatas adalah aturan yang dibuat oleh tuhan dan aturan tersebut tidak bisa diubah oleh manusia. Saya tidak akan pernah bisa menjadikan seseorang tetap hidup walau tidak bernafas dan makan.

         Aturan yang dibuat oleh tuhan hukumnya mutlak, tidak akan pernah bisa dirubah oleh mahluknya. Namun ada beberapa orang yang tuhan beri kuasa terhadap aturan tersebut seperti nabi ibrahim yang tidak hangus walau telah dibakar.

Sedangkan aturan yang dibuat oleh manusia itu relatif, bisa dirubah dan bisa di perbaiki. sebagai contoh aturan dalam sekolah tidak boleh merokok dan harus memakai seragam. Serta contoh yang lebih sempit lagi yaitu aturan untuk diri sendiri seperti "saya tidak akan berbohong lagi".

         Lalu untuk apa aturan tersebut dibuat..? bukankah akan lebih bebas jika tidak aturan...? coba perhatikan kenapa dalam permainan sepak bola harus ada aturan. Pastinya untuk meghindari cedera dan agar permainan adil. Begitu juga dengan aturan yang lainnya yang mana memiliki tujuannya hampir sama. Seragam sekolah digunakan agar siswa tidak belajar diskriminasi antara anak orang kaya dan anak orang yang tidak mampu. Tuhan melarang kita akan suatu hal, pastilah suatu hal tersebut membuat cedera atau kerusakan dan kerugian bagi diri kita.

         Dalam menjalankan aturan tersebut terdapat seorang yang akan bertindak sebagai hakim atau orang yang memutuskan benar atau tidaknya suatu perkara. seperti dalam bernegara terdapat polisi, hakim dan lembaga lainnya. Sedangkan dalam kehidupan ada tuhan sebagai hakim yang adil. Karena aturan yang dibuat oleh manusia itu relatif dan hakimnyapun juga tidak lepas dari kesalahan tentunya kita sudah bisa mengambil keputusan aturan mana yang harus didahulukan. Setiap aturan terdapat akibat atau sanksi yang akan dikenakan jika aturan tersebut di langggar.

         Dunia ini seperti permainan, dimana setiap permainan pasti ada aturan-aturan yang harus dipenuhi. seperti membuat identitas nama, jenis kelamin, usia. kemudian hidup cuma satu kali, tidak boleh mencuri, bisa berbicara dengan orang lain, kalau berbuat jahat akan di penjara dan lainnya. Kita harus mengerti betul dengan aturan yang ada sehingga kita bisa menyelesaikan game tersebut, atau bahkan dapat membuat dan merubah aturan dalam permainnya.

         Akhir kata dari saya, kita harus mempelajari aturan-aturan yang ada. baik itu aturan dari manusia maupun yang berasal dari tuhan. Sehingga dengan aturan tersebut kita bisa mengambil keputusan tindakan apa yang harus kita lakukan. "Karena hidup itu aturan jadi kita harus hidup teratur".