My life is so much more interesting inside my head

Friday, August 24, 2018

Kamu tau apa arti hoax ?


Halloo.....
Salam damai dan sejahtera....

Kali ini Faisal sedikit kesal dengan beberapa orang ( yahhh wajar dong.. ) yang penting keep calm and zikrullah.

Dengan berkembangnya teknologi yang kian pesat, memang tidak bisa di bendung lagi. Informasi akan sangat cepat, lihat saja kita bisa melihat berita secara live. Baik itu telivisi, radio, sosial media dan lainnya.

Namun dengan semakin mudahnya akses informasi bukannya menjadikan seseorang lebih baik, lebih cerdas ataupun lebih sukses. Hal ini dikarenakan beberapa orang atau oknum, memanfaatkan hal tersebut untuk keuntungan pribadi. Mereka menciptakan HOAX untuk keuntungan mereka.

Apalagi di masa sekarang, pemilihan presiden.. kalian bisa lihat seberapa banyak orang yang membagikan berita yang menjelekkan salah satu pihak dimana berita tersebut belum tentu benar. Bagi mereka itu adalah sebuah perang, namun bagi Faisal hal tersebut adalah ketakutan ku. Bukannya Faisal takut berperang, hanya saja...

Satu hal yang Faisal yakini sampai sekarang bahwa setiap muslim itu bersaudara. Bagaimana mungkin  Faisal akan membagikan berita hoax yang akan membuat saudaraku menderita. Apalagi kalau berita tersebut menguntungkan orang lain.. hhhh jelaslah Faisal tidak akan membagikan berita tersebut.

Pernah mendengar petatah "Mulutmu harimaumu" menurut Faisal terdapat satu pepatah lagi "tulisanmu harimaumu" Perkataan dan tulisan memang mempunyai dampak yang luar biasa kepada orang lain.

Sebagai contoh Si a dan si b membeli hp yang sama. "Aku kemarin beli hp di toko x" kata si a. Kemudian si b bertanya" berapa..?". " 2.200.00" jawab si a. " Kemarin aku juga beli hp ini di toko y  harga cuma 2.000.000" kata si b. Secara tidak sadar si b telah memberikan sedikit penyesalan kepada si dan mengurangi kebahagiaannya.

katakanlah sesuatu yang baik saja kepada saudaramu. Walaupun ia salah, tegurlah ia dengan kebaikan. Karena setiap perkataan akan menjadi arti yang besar bagi orang lain.

Kembali ke persoalan hoax. Kamu tau apa arti hoax.?? Hoax adalah berita bohong, lebih spesifik lagi hoax adalah berita bohong untuk keuntungan oknum tertentu. Dengan menjelekkan rival, atau lawan nya ia akan menjadi semakin sukses. Bagi mereka memanfaatkan media sosial adalah cara paling jitu untuk menebarkan hoax, karena orang lainlah yang akan membagikannya.

Walaupun demikian. Belum tentu juga orang yang dijelekkan adalah orang yang baik, bisa saja ia menebar hoax tentang dirinya sendiri. Agar dipandang sebagai korban hoax. Untuk menaikan derajatnya di mata manusia.

Bagi Faisal hoax adalah sebuah ketakutan. Kenapa..?? Dari pengertian hoax diatas Faisal menyimpulkan bahwa hoax adalah "Fitnah". Bagaimanapun kamu menyebutnya apakah itu hoax atau berita bohong, selama itu tidak benar dan merugikan orang lain, maka itulah yang namanya fitnah. Namun bukan hoax yang menjadi ketakutanku. Hanya saja....

Dulu Faisal pernah dengar dari beberapa ulama. Salah satu tanda kiamat adalah dengan bertebaran nya fitnah. Yuuupp..  dengan banyaknya hoax di jaman sekarang menandakan betapa dekatnya kiamat.

Lihat saja banyak sekali berita hoax yang mana sebenarnya adalah fitnah. Bahkan mereka menciptakan "ustad gadungan" untuk menebarkan hoax.

heeiii saudaraku....
Jika kamu mendapatkan berita, maka telitilah, carilah kebenarannya. Dan jangan pernah kamu membagikannya jika kamu belum menemukan kebenarannya. Jangan sampai kamu menyakiti saudaramu dengan membagikan berita hoax.

49.Al-Hujarāt : 6

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.