My life is so much more interesting inside my head

Sunday, November 11, 2018

Apa yang Bisa Membuat Maju Suatu Daerah

Assalamualaikum
salam buat kalian..
semoga hari ini kita dapat menjadi lebih baik lagi.
beberapa hari yang lalu, aku menyelam di dunia yang tak berbentuk (internet ). ada hal menarik yang ingin ku simpan disini dan menjadi sebuah pelajaran bagiku. emm... aku menemukan sebuah kalimat pertanyaan seperti judul artikel ini..

menurutmu apa yg bisa membisa maju suatu daerah.??
mungkin kamu sependapat dengan komentar seperti yang faisal ambil dari sebuah facebook.

disana terlihat keberagaman jawaban. jawabannya tidak salah. namun sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti benar untuk pertanyaan seperti itu. hanya saja harus dikembalikan sesuai dengan kondisi negara itu sendiri.
menurutku, suatu daerah bisa maju dengan tekad oleh masyarakat itu sendiri. kenapa..?

coba kita lihat, jika yang menjadikan maju suatu daerah adalah :

1. pemimpin.
mungkin yang mengatakan ini, hanya keadaan Indonesia yang sedang dalam suasana pilpres. menurut ku, pemimpin tiak begitu berpengaruh dalam memajukan daerah. percuma peminpinnya saja yang mau maju, tapi masyarakat nya tidak mau. pimpinnya bisa saja mengadakan berbagai macam program untuk memajukan dearahnya. tapi kalo masyarakatnya tidak mau ikut macem ape???

2. pendidikan
kalo yang ini, menurutku sihh... faktor yang penting bukan hanya untuk daerah yang berkembang maupun yang sudah maju. namun untuk memajukan suatu daerah, itu cukup sulit. kebanyakan orang yg berpendidikan akan memilih bekerja di daerah yang sudah maju. percuma pendidikan tinggi tapi tidak ada keinginan untuk maju. dan pendidikan juga dimenjamin akan kesejahteraan.

3. fasilitas.
menurutku fasilitas bukan faktor yang memajukan suatu daerah. di derah ku sudah banyak fasilitas yang dibangun, jalan bagus, infrakstruktur memadai dan fasilitas lainnya pun dibangun setiap tahunnya. tapi tetap jumlah masyarakat kurang mampu masih tetap tidak berkurang malah bertambah.

4. agama
aku minta maaf terlebih dulu, karena membahas masalah agama yg faisal sendiri tidak begitu memahaminya. menurut ku. agama bukan faktor yang memajukan suatu daerah. kenapa.?? lihat saja cina, jepang, amerika dan lainnya. apakah mereka menjadi negara maju karena agama mereka.??

Dari kesemua uraian tersebut, aku menyimpulkan bahwa untuk membuat suatu daerah maju maka masyarakatnya lah yang bisa membuatnya maju.
jika masyarakat bertekad untuk maju, bagaimanapun masalahnya akan teratasi. Namun jika tanpa pendidikan, pemimpin, fasilitas dan agama akan sulit untuk maju.

jika masyarakat ingin maju. mereka akan berusaha mencari fasilitas. untuk itu dibutuhkan  pemimpin untuk memberikan fasilitasnya. meraka  tidak tahu untuk maju, maka mereka akan belajar. dan agama akan memperbaiki moral dan akhlaq.

mungkin kamu bertanya. kalo pemimpin tidak jujur, suka korupsi dll, bagaimana daerahnya bisa maju.?

ingat yang aku katakan adalah masyarakat yang ingin maju. dan pemimpin bagian dari masyarakat. jadi pemimpinya pun juga berkeinginan memajukan daerahnya. peminpin yang ingin daerahnya maju tidak akan melakukan tindakan yang akan merugikan masyarakat dan daerahnya.

bukankah tanpa pendidikan daerahnya juga tidak akan pernah maju.?

yup itu benar, namun menurut ku tidak harus semua masyarakat punya pendidikan yang tinggi (bagus kalo bisa semua masyarakat). salah satu yang harus berpendidikan tinggi adalah para pemimpin. sebagai contoh masyarakat sudah berkeinginan untuk maju namun tersendat karena pengetahuan mereka, maka sebagai pemimpin ia akan mencarikan solusi untuk masyarakat tersebut. bisa dengan mengadakan pelatihan, kursus, praktek, memberikan fasilitas dll. lain hal nya kalau masyarakat sendiri tidak ada keinginan untuk maju. walaupun pemimpin sudah memberi jalan untuk maju. apakah daerahnya akan maju.?
bagaimana dengan agama.? 

bukankah kalau masyarakat mengerjakan maksiat, tuhan akan memberikan bala bencana dan sebagainya.??

yupp, itu pun juga benar. agama diperlukan oleh semua orang, untuk menjadikan moral dan akhlaq seseorang menjadi baik. namun menurut sepengetahuan ku ada satu ajaran yang di ajarkan kepadaku. salah satunya adalah tidak mmengejar kehidupan dunia secara berlebihan dan selalu bersyukur.  hmm.. sulit untuk dijelaskan, karena bukan ahlinya hehe..
ingat salah satu ayat al qur'an dibawah ini:

13.Ar-Ra'd : 11

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.