My life is so much more interesting inside my head

Sunday, May 13, 2018

Makna syukur

Assalamualaikum...
salam sobat blogger....

Kamu tau apa itu syukur.? yap kali ini Faisal mau membahas mengenai syukur.

Kenapa.?  menurut Faisal syukur merupakan hal yg sangat penting. seberapa pentingkah.? jika sabar adalah suatu yang sangat mulia. maka syukur satu tingkatan lebih baik dari sabar.

baiklah..., begini saja, ketika kita di landa musibah maka kita disuruh sabar ,ikhlas dan syukur. Kita bisa saja bersabar, namun apakah kita bisa bersyukur dengan musibah yang dialami ?. lalu apa saja sih keutamaan syukur, menurut Faisal ada beberapa ke utamaan diantaranya:

pertama, ingatlah, ketika kita bersyukur, kita secara otomatis mengingat apa yang kita miliki dan siapa yang memberinya.

"alhamdulillah Faisal masih bisa menulis artikel ini".

secara tidak langsung Faisal mengingat bahwa yang memberikan Faisal kemampuan untuk menulis adalah Allah SWT,     kemudian Faisal sangat berterimakasih dan memberikan berbagai pujian kepada Allah SWT karena telah memberikan kemampuan untuk menulis artikel ini. hal ini sangat hebat, ingat tulisan Faisal yang ini. yapp,, hati kita akan menjadi tenang, damai
 dan tentram. salah satu menjadikan hati menjadi tentram adalah dengan bersyukur. karena bersyukur adalah mengingat Allah SWT.

yang kedua, ketika bersyukur, apa yang anda pikirkan.? Tapi selain yang Faisal sebutkan diatas. heheheee...

Kalau Faisal sihh.. Faisal berpikir bahwa apa yang Faisal miliki sudah cukup, bahkan lebih dari cukup. Lalu apa makna cukup yang saya sebutkan.?

yap.. mungkin ada yang berpendapat bahwa cukup itu adalah punya mobil mewah, rumah yang megah, atau punya
3 atau 4 isteri, hehehhe. menurut Faisal hal itu SALAH BESAR.

makna syukur itu memiliki makna ganda. jadi Faisal tidak bisa menjelaskan salah satunya saja. heheheee... jadi panjang nih tulisannya.. baiklah Faisal bahas ya.
Faisal akan berikan gambaran langsung saja. ada seorang kita sebut saja namanya Fulan. Fulan sangat miskin, bahkan untuk makan saja ia sulit. dalam keadaan ini bagaimana ia dapat bersyukur.? apakah syukur hanya diciptakan untuk orang yang kaya saja.? tentu ia dapat bersyukur, dan menurut Faisal Allah menyuruh bersyukur itu untuk semua manusia tak terkecuali apapun. kembali lagi pada Fulan. Fulan dapat bersyukur dengan banyak hal yang telah diberikan Allah SWT yang mana jika kita hitung pemberian Allah tidak akan ada yang bisa menghitungnya. contohnya saja Allah memberikan kita untuk melihat, mendengar, berbicara dan bahkan allah mendetakkan setiap detik jantung dan menghembuskan setiap nafas. Lalu Nikmat apa yang kamu dustakan.?

Apakah cukup sampai disitu saja, tentu saja tidak. Bersyukur berarti kita menerima dengan keadaan kita dan berterimakasih kepada yang memberi. apalagi yang harus dilakukan. Ingat Fulan keadaannya sulit. apakah ia cukup menerima keadaannya.  saja dengan bersyukur.? tentu saja tidak, ia harus tetap berusaha untuk mengubah keadaanya. Namun tetap tidak melebihi batas. batas apa? mungkin hal ini akan saya jelaskan pada artikel berikutnya karena cukup panjang.

berikutnya gambaran yang kedua, Abdullah adalah seorang yang kaya, punya banyak harta dan banyak isteri juga hehehee... lalu bagaimana ia harus bersyukur.?
selain harus bersyukur seperti yang Faisal sebutkan diatas. Abdullah ia diberikan kelebihan berupa harta yang melimpah. ia juga  bersyukur dengan cara memberikan kelebihan hartanya kepada orang yang lebih membutuhkan.

lalu bagaimana jika Fulan dan Abdullah bertemu.? heheheee jadi makin seru dongg.... saling ajar mengajar niih. Fulan tetap bersyukur tidak iri dengan kekayaan Abdullah karena yang ada di dunia ini adalah kepunyaan Allah. ingat, Nafsu manusia selalu menginginkan lebih. bagaimana caranya agar Fulan bisa bersyukur.?
"alhamdulillah, aku berkecukupan, kalau kaya bisa repot aku menggunakan harta"
"alhamdulillah, kalau kaya pasti lama nanti waktu hisab di akhirat"
"Alhamdulillah, si Abdullah kaya, sungguh Allah maha pengasih lagi penyayang".
yaapp. Fulan juga bersyukur atas nikmat yang di berikan Allah kepada Abdullah. kita harus tetap mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada Hamba-Nya yang lain.

Abdullah pun juga bersyukur. "alhamdulillah aku kaya, aku jadi bisa bersedekah dan membantu hamba Allah yang lain". Abdullah besyukur dengan menggunakan hartanya untuk beramal saleh. ia juga tidak menyombongkan diri karena ia tau bahwa harta itu asalnya dari Allah, Dan ia akan kembali kepada-Nya.

Cukup sampai disini dulu, sebenarnya masih banyak yang ingin Faisal sampaikan...