My life is so much more interesting inside my head

Sunday, May 20, 2018

Raja dan Pelayan

salaammm


huuhh. hari ini faisal mengikuti sosialisasi,, memang tidak ada yg khusus. hanya datang, duduk, mendengarkan dan akhirnya dapat makan.heehehehe. kenyang dehhh..yeay. :D

Namun bukan isi dari sosialisasi itu yang membuat Faisal ingin menulis artikel disini, isinya ya.... seperti biasa heehee. penasaran ya...? penasaran ya..?. waktu penjelasan materi dari narasumber tiba-tiba saja terlintas ingin menulis tentang Raja dan Pelayan.. seperti angin lewat gitu.

Yahh. mungkin karena narasumbernya menggambarkan sesuatu yang menurut Faisal masih ada suatu yg tersirat dari penampilannya. seolah olah ia ingin mengatakan "aku adalah seorang raja". Namun ia tetap bersikap seperti seorang pelayan.

Faisal tidak mengerti tentang apa yang ia inginkan. jika dilihat dari perkataannya, terdapat beberapa pemikiran yang tidak simetri.

Yaahh itu hanya pendapat Faisal saja, Faisal sendiripun menyadari kalau Faisal tidak begitu pandai berbicara. heheheee. itu benar lho.

Berbicara tentang pelayan, pelayan berarti orang yang melayani. jadi, terdapat dua objek, yaitu pelayan itu sendiri dan sesuatu yang dilayani.

Mungkin banyak orang yang berpikiran bahwa pelayan itu adalah sesuatu yang dipandang rendah. Namun menurut faisal bisa saja pelayan mempunyai kedudukan yang cukup tinggi, Bagaimana bisa.?

jika disebuah negara raja adalah kepala negaranya dan pelayan adalah rakyatnya, maka seorang raja bukanlah apa-apa tanpa rakyatnya. teringat Faisal sebuah kisah yang dikisah kan oleh seorang ulama dimana seorang raja yang menerima kebenaran islam, ia mempercayai islam adalah agama yang benar. namun rakyatnya menolaknya. Sehingga ia (raja)memilih menolak ajaran islam. ingat ketika peristiwa 1998. itu juga salah satunya. hal tersebut memberikan kesan bahwa seorang raja tidak mutlak memilki kekuasaan. karena ia juga harus berusaha memenuhi keinginan rakyatnya atau dengan kata lain ia juga harus melayani rakyatnya.

Dari pernyataan tersebut Faisal menarik kesimpulan bahwa tidak ada seorang manusiapun yang menjadi raja, mereka semua adalah pelayan. kenapa.? karena seorang raja adalah orang yang melayani rakyatnya dan rakyat melayani rajanya. jikapun ada seorang raja yang tidak melayani rakyatnya maka ia bukanlah seorang raja melainkan ia seorang yang jahat.

Lalu apa sih makna pelayan bagi Faisal.? menurut Faisal pelayan adalah orang yang selalu memikirkan kebaikan untuk tuannya,ia tidak pernah mengeluh, ia selalu berusaha, menjaga, menyanjung, dan menghormati tuannya. ia memperlakukan tuannya seperti seorang raja. hal itulah yang Faisal anggap luar biasa dari pelayan.

yaahh,  itulah beberapa hal yang Faisal sampaikan. topiknya terlalu tinggi yaa?. huh.. mungkin ada yang berpikir hal tersebut tidaklah berguna karena ia tidak mungkin menjadi seorang raja, dan tidak ingin menjadi seorang pelayan. Oleh karena itu, Faisal akan memperjelas lagi.

Faisal ingin kamu menyadari posisimu, ingat kamu hanya seorang pelayan.. maka jangan sia-siakan waktumu, teruslah melayani. jika kamu seorang pejabat maka rakyat adalah rajamu, jika kamu seorang pedagang maka pembeli adalah rajamu,  jika kamu seorang pelajar maka guru adalah rajamu, jika kamu seorang guru maka muridmu adalah rajamu, dan jika kamu seorang muslim maka Allah SWT adalah raja dari segala rajamu.

Aku ingin menjadi pelayan
Namun aku tidak ingin ada raja
Aku ingin menjadi raja
Namun aku tak kan pernah bisa
Karena aku hanya seorang pelayan

sampai jumpa lagi di artikel berikutnya..yeayy
eitss. jangan penasaran sama isi sosialisasi tadi yaa.? guhehe